waduk samiran pamekasan, wisata di madura

Orkestra Alam Terbuka Waduk Samiran Pamekasan

visitmadura.id Waduk Samiran Pamekasan, Beberapa tahun terakhir ini, destinasi berbasis waduk kembali menjadi magnet bagi wisatawan di Indonesia. Beberapa wisata waduk di Indonesia seperti Waduk Gajah Mungkur di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri; Embung Kledung yang terletak di Desa Kledung, Kabupaten Jawa Tengah; Embung Batara Srinten Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta; Embung Nglanggeran  di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul; Waduk Wadaslintang yang terletak di Kabupaten Wonosobo, merupakan sederet destinasi wisata unggulan berbasis waduk yang cukup hits. Destinasi-destinasi itu begitu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Kini, wisata berbasis waduk juga merambah ke Madura. Tepatnya di Waduk Samiran Pamekasan. Destinasi ini kerapkali menjadi target wisatawan lokal di Madura. Bahkan kini para wisatawan berdatangan tidak saja dari Madura, tetapi juga luar Madura. Mereka datang untuk menikmati betapa indahnya waduk pengairan yang membentang luas tersebut.

waduk samiran, pamekasan
Wisatawan sedang berpose di salah satu jembatan Waduk Samiran, Pamekasan.

Waduk ini dapat menjadi pilihan wisata yang utama. Alamnya terbuka, pemandangannya cukup sejuk, dan suara arus air yang mengalir dari ruas dan celah-celah bendungan menjadi pemandangan yang khas. Bahkan potret pedesaan di sekitar waduk yang tampak genuine, asri, guyub menambah eksotisme waduk ini. Setidaknya, di sini kita bisa berdialog secara ‘intim’ dengan masyarakat sekitar waduk.

Jika membuka kembali file-file lama dan lipatan sejarah tentang waduk ini, maka kita akan sampai pada sebuah peristiwa lampau yang menakjubkan. Betapa tidak, waduk ini sesungguhnya telah lama dibangun. Dibangun ada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1901. So, waduk Samiran ini sesungguhnya waduk yang sudah tua. Mungkin tiga generasi di atasmu ya sob? Hehe

Jadi, tidak selalu yang berbau tua itu jelek atau anyep ya, buktinya waduk ini, semakin tua justru semakin eksotik. Di sini sobat semua bisa bersantai ria, menikmati hal-hal yang tidak bisa kita nikmati di rumah maupun di tempat kerja. Di sini kita bisa saling melempar senyuman, saling melempar kebahagiaan antar teman dan keluarga, sekedar hanya ingin menunjukkan betapa hidup ini cukup indah untuk tidak begitu saja dilewatkan.

Tidak hanya itu bahkan bagi mereka yang senang berwisata plus mancing, tempat ini juga bisa menjadi jawaban. Di tempat ini sudah disediakan spot-spot strategis untuk memancing. Dijamin sobat bisa menikmati syahdunya memacing di tempat ini karena kedalaman dan riak airnya sangat cocok dan representatif.

Lokasi: Desa Samiran, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan,  Madura, Jawa Timur.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *