Nasi Petis; Baru Memandang, Liur pun Mau Menetes

visitmadura.id – Petis selalu identik dengan Madura. Peris menjadi olahan di banyak jenis makanan. Nasi petis adalah salah satunya. Nasi petis merupakan nasi yang terdiri dari berbagai jenis lauk yang disajikan dalam satu porsi penuh. Dari berbagai komposisi lauknya seperti, dendeng daging sapi, jeroan sapi, hati plusĀ limpa sapi juga telur rebus saja sudah bikin air liur menetes nih. Makanan ini dengan mudah dijumpai di sepanjang jalan di Madura.

Meski ada kata petis pada namanya, pada hidangannya sama sekali tak ada petisnya. Lauk nasi petis di Amboina adalah separuh telur rebus, jeroan sapi, dendeng daging sapi, limpa dan hati sapi. Masing-masing ukuran jumbo, sekira separuh telapak tangan.

Kuahnya sedikit santan kental. Siti Rahmah, 46 tahun, pemilik Warung Gang Amboina, menuturkan meski petis tidak tampak pada sajian, tapi petis menjadi salah satu bumbu yang penting dalam kuah santan itu. Tiap santan dari dua puluh biji buah kelapa, dicampuri satu sendok petis Madura. Rasa petis Madura sangat khas dan berbeda dengan petis Sidoarjo atau Gresik yang rasanya perpaduan manis-gurih dan berwarna hitam pekat. Rasa petis Madura asin dan berwarna kecoklatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *