Dusun Toron Samalem, Desa Blumbungan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Memetik ‘Bunga Sakura’ di Bukit Toron Samalem Pamekasan

visitmadura.id – Wisata Madura selalu punya hubungan khusus dengan segugus sejarah di Madura. Entah ‘hubungan’ tersebut bersumber dari manuskrip dan buku-buku sejarah Madura, maupun perbincangan dari dongeng ke dongen masyarakat Madura. Tapi yang jelas, wisata di Madura selalu punya narasi dan ceritanya sendiri.

Salah satu destinasi wisata yang mimiliki narasi sendiri adalah wisata Bukit Toron Samalem (Turun Semalam). Destinasi ini persisnya terletak di Dusun Toron Samalem, Desa Blumbungan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Hingga kini destinasi tersebut selalu diburu masyarakat dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, muda, bahkan orang tua. Mereka berasal dari daerah yang berbeda-beda. Baik dari maysrakat lokal Madura maupun yang berasal dari Mancanegara.

bukit toron samalem, wisata di madura
Salah satu wisatawan sedang berpose di Bukit Toron Samalem, Pamekasan.

Jika sobat ingin berwisata ke tempat tersebut, sebetulnya aksesya sangat mudah. Jarak dari Kota Pamekasan kurang lebih 5,5 km ke arah utara dari wilayah kota. Destinasi ini begitu ramai pengunjung. Di samping tempatnya yang asri, di atas ketinggian dengan panorama yang memesona, di tempat tersebut juga banyak bunga-bunga indah bak bunga Sakura di Jepang.

Sehingga jangan kaget ketika sobat ke sana, suasana dan swafoto begitu ramai membahana. Ada dua lokasi, lahan atas dan lahan bawah. Kesemuanya berjumlah kurang lebih tujuh hektar. Secara historis penamaan Bukit Toron Samalem dilatarbelakangi oleh nama dusun di daerah tersebut.
Bukit Toron Samalem, wisata di Madura
Wisatawan (satu keluarga) sedang berpose di Bukit Toron Samalem, Pamekasan.

Dalam beberapa cerita masyarakat sekitar, nama Toron Samalem konon berkaitan dengan kehadiran Potre Koneng Sumenep yang sempat melakukan semedi di tempat tersebut. Potre Koneng hanya melakukan semedi selama satu malam saja. Sehingga nama dusun tersebut menjadi ‘Turun Semalam” (red: Indonesia). Jadi penamaannya disesuaikan dengan nama tersebut agar menjadi identitas yang terus melekat.

Sejak awal, tempat ini memang agak unik. Unik karena memang tidak pernah ada desain awal tempat ini menjadi tempat wisata unggulan di Pamekasan. Sebab tempat tersebut awalnya merupakan bekas galian batu bata para penambang batu. Para penambang tersebut mencari nafkah dari hasil tambang yang mereka tekuni.

bukit toron samalem, wisata di Madura
Salah satu wisatawan sedang berpose di Bukit Toron Samalem, Pamekasan.

Tetapi karena kesadaran masyarakat banyak yang mulai berubah dan berkembang. Akhirnya untuk menunjang ekonomi masyarakat lokal, tempat tersebut disulap menjadi sebuah wisata unggulan yang istimewa. Terbukti hingga kini, tempat tersebut menjadi salah satu titik sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar.

Jika sobat ingin berkunjung ke tempat ini tidak perlu khawatir. Semua akses kendaraan sudah tersedia. Baik dari Kota Pamekasan maupun daerah lain. Tetapi jika sobat ingin praktis, bisa langsung menghubungi travel visitmadura.id melalui admin. Jika sudah sampai di tempat ini, setiap pengunjung hanya dibebani biasa masuk sebesar 5000/orang. Murah kan?

Lokasi: Dusun Toron Samalem, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *