Lorjuk; Jatuh Cinta pada Cicipan Pertama

visitmadura.id – Jika ditanyak makanan apa yang khas dari Madura? jawabannya adalah Lorjuk.  Lorjuk merupakan jenis kerang lumrah dijumpai di pesisir pantai Madura. Menu olahan lorjuk yang harus kalian cicipi saat di Madura antara lain tumis lorjuk, rica-rica lorjuk, atau yang juga bisa dijadikan oleh-oleh adalah keripik lorjuk dan juga rengginang Lorjuk. Bagi yang menikmati makanan berbahan dasar Lorjuk ini, kami pastikan sahabat-sahabat akan jatuh cinta pada cicipan pertama. Makanan ini mudah dijumpai di sepanjang jalan di Madura. Terutama di Prenduan Sumenep.

Bahan 

250 – 300 gr Lorjuk tanpa cangkang, cuci bersih, rebus sampai empuk, tiriskan, sisihkan 2 sdm margarine, 5  bawang merah rajang kasar, 3 bawang putih cincang kasar, 6 sdm kecap manis, garam sesuai selera, sedikit vetsin (kalau suka) cabe merah/hijau sesuai selera, cabe rawit sesuai selera, daun kucai rajang kasar, daun bawang rajang kasar, 1 buah tomat rajang kasar, 1/2 gelas air.

Cara Membuat

Cairkan margarine, tambahkan kecap manis,bawang merah,  bawang putih, cabe, garam, vetsin, dan  air, masak sampai mendidih Masukkan Lorjuk, tumis dan biarkan bumbu merasuk Tambahkan tomat daun bawang dan kucai, masak sebentar sampai layu.

Lorjuk makanan khas Madura pun siap untuk disajikan…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *