Gili Labar

Gili Labak, The Hidden Paradise di Sumenep

visitmadura.id – Suatu ketika salah satu temanku mengirimkan enam buah foto ke WA, di salah satu foto bertuliskan “Selamat Datang di Wisata Gili Labak”. Sebuah papan putih bertuliskan biru terpapang di salah satu pantai. Aku langsung tertarik untuk mengetahui di mana lokasi pantai tersebut. Sampai akhirnya, dari obrolan di WA, aku baru tahu kalau Gili Labak tersebut ada di Madura; tepatnya di Kecamatan Talang, Sumenep, Madura. Padahal awalnya aku mengira tempat ini bukan di Madura, hemmm ternyata pengetahuanku tentang pantai masih jauh dari kata “berwasasan luas”.

Sebenarnya Sumenep, Madura bukanlah tempat yang asing bagiku, waktu kecil (berumur 5 tahun) aku pernah singgah di sini. Bahkan, waktu kecil aku pernah menyeberang ke pulau Masalembo yang jarak tempuhnya 14 jam dari Kalianget. Pulau tersebut seperti di tengah-tengah antara Madura & Sulawesi, bahkan di pulau Masalembu bahasa yang digunakan adalah Mandar. Selain itu juga ada pulau Keramaian, Raas, Masakambing, dll. Jangan kaget, ibuku asil dari pulau Masalembu, jadi aku sedikit paham. Aku jadikan pulau Gili Labak ini sebagai salah satu tempat yang kutulis dicatatan untuk dikunjungi jika ada waktu. Ya, Madura memang tidak kalah indahnya dengan pulau-pulau yang ada di sudut Indonesia lainnya. Ujar Seorang Nasirullah Sitam dalam sebuah kesempatan.

Gili Labak
Salah satu pengunjung sedang menikmati indahnya wisata alam Gili Labak (dok/instagram).

Gili Labak Merupakan Pulau kecil yang memiliki pasir putih, warna lautnya yang sangat biru serta desiran ombak yang tenang. Perlu Anda Ketahui, Gili bukan hanya ada di Lombok, Tepatnya di Kabupaten Sumenep, Madura memiliki beberapa gili. Salah satunya ialah Gili Labak. Belum terlalu banyak orang yang mengetahui keberadaan pulau ini sehingga pulau ini masih jarang dikunjungi para wisatawan.

Masih sangat sedikit wisatawan yang mengetahui bahwa Madura memiliki pulau yang sangat mempesona, Namun, awalnya pulau ini disebut dengan sebutan pulau Tikus. Hal tersebut tak lepas dari sarang – sarang tikus yang banyak ditemukan di tempat ini. Karena keindahan pulau ini yang mempesona dan tidak sesuai dengan nama aslinya yaitu pulau tikus, maka Pulau ini diubah namanya menjadi Pulau Gili Labak. Diharapkan dengan nama tersebut pulau ini lebih enak di dengar dan dapat mengundang banyak wisatawan yang dating untuk menikmati keindahannya.

Untuk menuju ke pulau Gili Labak anda harus menempuh jarak kurang lebih 2 jam perjalanan di mulai dari pelabuhan kalianget. Pelabuhan kalianget merupakan pelabuhan yang berada di ujung timur Pulau Madura. Keberadaan pulau ini masih cukup tersembunyi, bahkan jika Anda membeli atlas, maka Anda tidak akan menemukan pulau ini di peta Jawa Timur. Luas pulaunya yang hanya seukuran lapangan sepak bola ini sehingga membutuhkan skala yang lebih besar supaya keberadaan pulau ini bisa muncul di Peta.

Salah satu kegiatan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan di Pulau Gili Labak yaitu Diving dang Snorkling. Alasan ini karena Pulau Gili Labak memiliki pemandangan dasar laut yang sangat mempesona. Selain itu Anda juga bisa berjemur, berenang dan bersantai di pinggiran pantai untuk menikmati pemandangan yang elok, Anda juga bisa hanya sekedar berjalan jalan di pinggiran pantai. Di Pulau Gili Labak sendiri belum menyediakan alat untuk melakukan kegiatan Snorkling ataupun Diving, Sehingga bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan Snorkling ataupun Diving Anda sebaiknya menyiapkannya terlebih dahulu sebelum berangkat ke pulau ini.

Dalam hal fasilitas pendukung di Pulau Gili Labak sampai sekarang masih bisa di bilang kurang memadai. Hal ini karena di Pulau Gili Labak tidak tersedia sumber air tawar, sehingga untuk kebutuhan air bersih sangatlah terbatas. Selain itu, listrik yang berada di Pulau Gili Labak ini hanya menyala saat malam hari saja. Keterbatasan ini juga ditambah dengan belum tersedianya penginapan dan restoran, Jadi, Jika Anda ke Pulau Gili Labak, Alangkah baiknya Anda membawa bekal yang cukup dan jika anda ingin menginap, Anda bisa menumpang menginap dirumah warga sekitar ataupun sekedar mendirikan tenda di pinggiran pantai. Berikut ini beberapa kebutuhan yang wajib Anda bawa jika ingin berlibur ke Pulau Gili Labak :

  1. Pakaian ganti
  2. Kacamata hitam
  3. Perlengkapan snorkeling dan diving
  4. Sunblock
  5. Kamera underwater
  6. Obat-obatan pribadi
  7. Makanan dan minuman secukupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *